Senin, 21 April 2014

Fakultas Psikologi Ramaikan Donor Darah

Kebutuhan akan darah yang terus meningkat yang diakibatkan oleh meningkatnya jumlah kecelakaan seiring dengan meningkatnya jumlah kendaraan yang dimiliki masyarakat, tidak didukung oleh minat dari masyarakat sendiri untuk mendonorkan darahnya. Minat mendonorkan darah masyarakat Indonesia masih sangat minim (Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla).
Oleh karena itu dibutuhkan sebuah upaya untuk mengajak dan menyadarkan mahasiswa yang juga merupakan bagian dari masyarakat Indonesia untuk mau sejak dini mendonorkan darahnya. Dari sinilah Departemen Pengabdian Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) KBM Fakultas Psikologi Unair tergerak untuk mengadakan sebuah acara danor darah di kampus Fakultas Psikologi Unair untuk mencapai tujuan tersebut.
Bentuk kegiatan Donor Darah 2013 adalah acara dimana individu yang berpartisipasi berkesempatan untuk mendonorkan darahnya. Kegiatan ini akan difasilitasi oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya. Kegiatan ini akan dilakukan tiga kali dalam setahun dengan jeda pelaksanaan kurang lebih tiga bulan.
Salah satu acara donor darah dilaksanakan pada taggal 19 Maret 2013. Acara dimulai pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 12.30 WIB. Acara tersebut dilaksanakan di ruang Sidang 2 Fakultas Psikologi, Universitas Airlangga. Acara diawali dengan registrasi pendonor. Setelah itu mereka masuk ke ruangan yang telah disediakan panitia untuk dicek oleh petugas PMI. Bagi mereka yang memenuhi persyaratan akan dilanjutkan dengan pengambilan darah, namun mereka yang tidak memenuhi persyaratan tidak diperbolehkan untuk donor. Bagi pendonor yang berhasil, akan mendapatkan bingkisan dari petugas PMI. Biasanya isi bingkisan tersebut ada vitamin penambah darah, biskuit, telur asin, dan susu. Bingkisan sengaja disediakan oleh petugas PMI sebagai reward karena telah bersedia untuk menyumbangkan darahnya. Dari panitia sendiri memberikan reward berupa pin dan makanan.
Biasanya, target yang diinginkan panitia dalam donor darah adalah 100 pendonor. Namun, kantong yang terkumpul kurang dari 100 karena tidak semua calon pendonor yang daftar memenuhi syarat. Selama proses pengambilan darah, dari panitia menampilkan hiburan berupa video yang ditampilkan melalui LCD. Selain itu, sebagai bukti terselenggaraknnya acara tersebut, panitia mendokumentasikan dengan mengambil foto beberapa sesi.
Pada pukul 12.00 WIB, registrasi akan ditutup. Setelah itu, petugas PMI akan berkemas-kemas untuk kembali ke kantor PMI. Kami sebagai panitia akan membantu memasukkan barang-barang ke dalam mobil PMI. Selanjutnya kami mengadakan evaluasi untuk bahan pertimbangan donor darah selanjutnya supaya lebih baik.

Oleh : Imro'atus Sholihah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar