Rabu, 23 April 2014


Senin, 21 April 2014
Perhatikan Pasar Sebagai Nafas Perdagangan Mikro Dan Makro


Pasar Wage Nganjuk

         NGANJUK Pasar  tradisional menjadi salah satu alternatif sebagai kunjungan untuk mencari    kebutuhuan pokok sehari- hari ini bagi masyarakat. Ditengah – tengah perkembangan jaman yang semakin maju keberadaan pasar tradisional ditengah- tengah masyarakat kian tergeser di kehidupan kota yang sekarang lebih memilih berbelanja di swalayan atau mini market yang juga menyediakan kebutuhan pokok yang tidak kalah lengkap. Seperti di pasar WageNGANJUK yang terkesan kotor menjadi para pengujung berpindah haluan ke mini market atau swalayan yang jauh lebih higienis dan lebih terjamin kebersihanya.  
         Sulis (26) warga kota Nganjuk mengatakan bahwa lebih senang berbelanja di swalayan ketimbang di
pasar tradisional “ saya lebih suka berbelanja di swalayan daripada pasar tradisional pasalnya selain tempatnya juga bersih tapi juga saya bisa refreshing melihat cewek- cewek yang lebih oke disini” terang pria gempal ini.
Tak hayal pasar ini menjadi sepi ,jika berkaca dari 2 tahun lalu tahun ini menjadi tahun yang berat bagi penjual di pasar tersebut.  Tono (53) penjual sayur mengatakan setiap tahun jumlah pembeli menurun ”benar mas biasanya kios kami habis 25 sak wortel dan lebih dari 200 buah gobis  yang terjual tapi kini hanya 10 samapi 15 sak saja mas dan jika barang masih sisa banyak kami setor ke pasar sebelah yang lebih banyak pembeli dan ramai mas” kata ibu paruh baya ini.
         Pasar tradisional hendaknya juga menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah setempat agar lokasi dan fasilitas pasar juga diperhatikan supaya para pembeli merasa nyaman dan aman. Bahan pokok dan sayuran tidak kalah segar dibandingkan di swalayan, bedanya di swalayan menggunakan mesin pendingin dan di pasar masih asri dan alami. Menjadikan pasar sebagai tujuan utama berbelanja itu sangat menguntungkan untuk memeratakan pendapatan bagi penjual kecil, sedang dan besar.


OLEH : DWI ARDI IRAWAN
NIM : 10.1.01.07.0050        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar