Selasa, 22 April 2014

POLA MAKANAN SEHAT

                                                     

 
                                                                   Oleh : Fuatul Munawaroh



          Di sini saya mendapatkan tugas observasi pada bagian makanannya.Setelah saya melakukan observasi di lembaga sekolah,saya mengambil dua sekolah untuk dijadikan bahan observasi sehingga 2 sekolah tersebut dapat dijadikan perbedaan, kedua sekolah tersebut yaitu TK ABA 2 PLEMAHAN dan TK DHARMA WANITA LANGENHARJO.
          Dari kedua TK tersebut saya mendapatkan berita yang dilihat dari pola makanan nya yaitu di TK ABA 2 PLEMAHAN setiap siswa tidak diperbolehkan membawa uang saku dan pihak sekolah pun melarang penjual makanan keliling berjualan makanan di area depan sekolah.sekolah ini pola makanannya setiap hari anak –anak diberi kue setiap jam 09.30 waktu jam istirahat,biaya snaks/kue tersebut sebesar Rp.30.000 per bulan,selain itu pada jam 11.00 anak – anak juga ada makan siang bersama – sama, makan siangnya itu boleh bawa bekal sendiri dan pihak sekolah juga sudah mempersiapkan apabila ada yang makan dari pihak sekolah,kalau makan dari sekolah anak – anak membayar biaya makan siang sebesar Rp.50.000 per bulan.jadi dari pihak wali murid bebas memilih mana yang dikehendakinya. Itu hasil wawancara saya pada salah satu guru di TK ABA 2 PLEMAHAN yaitu Ustadah Ririn selaku koordinator snaks/kue dan makan siang.
           Untuk di TK DHARMA WANITA LANGENHARJO ini sangat berbeda dengan di TK ABA 2 plemahan,disini saya mendapatkan berita yaitu setiap siswa diperbolehkan membawa uang saku dan penjual makanan keliling diperbolehkan untuk berjualan diarea depan sekolah,jadi setiap jam istirahat anak – anak berlarian dan berebutan membeli jajan tetapi ada juga yang wali murid yang sebagian lainnya membawa bekal sendiri.itu hasil wawancara saya pada salah satu guru TK DHARMA WANITA LANGENHARJO yaitu bu Dina.
           Di lihat pola makanannya dari kedua lembaga sekolah tersebut dapat kita ambil kesimpulan yaitu TK ABA 2 PLEMAHAN lebih mengutamakan pada kebersihan makanannya,anak – anak pun tidak sembarangan makan kue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar