Kamis, 17 Juli 2014

INDAHNYA SUN SET, ATV DAN BEJI PANTAI PARANGTRITIS


Oleh : Heri Marta Krisdianto
        (10.1.01.07.0078)


    YOGYAKARTA-Parangtritis adalah tempat wisata terbaik untuk menikmati sunset sambil having fun, menaklukan gundukan pasir dengan ATV (All terrain vechile) ataupun mennyusuri pantai dengan beji dalam senja yang romantis. Pantai parangtritis terletak 27 km selatan kota jogja dan mudah dicapai dengan transportasi umum yang beroperasi hingga pukul 17.00 maupun dengan kendaraan pribadi.
Sore menjelang matahari terbenam adalah saat terbaik untuk mengunjungi pantai paling terkenal di Yogyakarta ini. Namun bila kita tiba lebih cepat, tak ada salahnya untuk naik ke tebing gembirawati di belakang pantai ini. Dari sana kita bisa melihat seluruh area pantai parangtritis, laut selatan hingga ke batas cakrawala.
          Meskipun pengunjung dilarang berenang, pantai parangtritis tidak kekurangan sarana untuk having fun. Di pinggir pantai ada persewaan ATV (All terrain vechile) tarifnya sekitar Rp.  50.000 – 100.000 per jam. Masukkan persnelingnya lalu lepas kopling sambil menarik gas, brrrrrooooom, motor segala medan beroda 4 ini akan melesat membawa kita melintasi gundukan pasir pantai. Tetapi jika ATV mungkin hanya cocok untuk mereka yang berjiwa petualang. Pilihan lain adalan bendi. Menyusuri permukaan pasir yang mulus disapu ombak dengan kereta kuda beroda 2 ini tak akan kalah menyenangkan. Bendi akan membawa kita ke ujung timur pantai parangtritis tempat gugusan karang begitu indah sehingga sering dijadikan spot pemotretan pre-wedding. senja yang remang – remang dan bayangan matahari berwarna keemasan di permukaan air semakin menambah indahnya pemandangan pantai parangtritis.

         Pantai parangtritis sangat lekat dengan legenda ratu kidul. Banyak orang jawa percaya bahwa pantai parangtritis adalah gerbang kerajaan gaib ratu kidul yang menguasai laut selatan. Pselain itu pantai parangtritis juga menawarkan kegembiraan bagi mereka yang berwisata bersama keluarga. Bermain laying – laying bersama keluarga juga tak kalah menyenangkan. Angin laut yang kencang sangat membantu membuat laying-layang terbang tinggi, bahkan bila kita belum pernah bermain laying-layang sekalipun.
       Tidak kalah menariknya, selain untuk wisata, parangtritis juga dapat digunakan sebagai objek tugas para pelajar yang sedang melaksanakan strudy tour. Seperti halnya pada tanggal 26 juni 2014 rombongan mahasiswa tingkat akhir jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indononesia, Universitas Nusantara PGRI Kediri yang sedang melakukan kunjungan ke Yogyakarta untuk melaksanakan tugas praktek mata kuliah jurnalistik. Sebelum mereka melanjutkan perjalanan menuju tempat yang akan di kunjungi yaitu TVRI jogja dan Koran Kedaultan Rakyat, mereka singgah ke pantai parangtritis untuk melepas lelah karena perjalanan dari Kediri ke Yogyakarta memang cukup melelahkan dan juga persiapan untuk  mandi dan berganti pakain di kamar mandi sekitar pantai parangtritis yang memang sudah dipersiapakan warga sekitar pantai dengan tarif yang yang cukup terjangkau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar