Kamis, 17 Juli 2014

Ponten (Kamar Mandi) yang Tersebar Disekitar Parangtritis

  Oleh : Hendra Wahyu Hadi W.
           (10.1.01.07.0076)


sumber gambar https://www. jejak bocahilang.wordpress.com
Parangtritis adalah sebuah pantai yang landai dan mempesona dikombinasikan dengan bukit berbatu, bukit pasir, dengan pasir berwarna hitam. Pantai Parangtritis yang cantik memiliki banyak fenomena yang menarik, baik pemandangan alamnya maupun kisah supranaturalnya. Ombak Parangtritis selalu membawa kayu dan bambu menuju darat yang mungkin berasal dari pantai lain di dekatnya. Pantai Parangtritis juga merupakan sebuah kawasan wisata yang sempurna untuk menikmati matahari tenggelam (sunset) yang sangat romantis.
Selain menyimpan keindahan yang luar biasa tersebut, parangtritis juga dikenal dengan banyaknya ponten(kamar mandi) yang tersebar di jalan dan di sekitar pintu masuk menuju pintu masuk pantai. Hal ini disebabkan karena Parangtritis adalah tujuan pertama yang biasa disinggahi para wisatawan luar daerah. Biasanya para wisatawan yang baru datang adalah waktu pagi hari, maka keberadaan ponten yang tersebar didaerah itu memudahkan para wisatawan yang baru datang untuk mandi atau sekedar cuci muka. Dengan harga sewa mulai Rp 1000 untuk cuci muka dan Rp 2000 untuk mandi dan buang air keberadaan ponten sangat berguna disutu. Selain itu di sekitar pantai juga terdapat banyak sekali hotel dan penginapan dengan berbagai range harga. Di sekitar kawasan pantai, Anda juga bisa menemukan berbagai macam toko souvenir dan oleh-oleh khas Jogjakarta, toko-toko kelontong, dan warung-warung makan.
Kawasan wisata Pantai Parangtritis juga menyediakan lahan parkir yang luas. Sedangkan di bibir pantai Anda bisa menyewa dokar (kereta kuda), motor ATV, kuda menantang adrenalin. Berfoto-foto di kawasan gumuk pasir membuat Anda seolah-olah sedang berfoto-foto di gurun pasir di Afrika, tak heran tempat ini sering digunakan untuk foto-foto prewedding. Disarankan Anda tidak berenang terlalu ke dalam, karena ombak Pantai Parangtritis cukup berbahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar