Kamis, 17 Juli 2014

MINIATUR CANTIK DI ALUN-ALUN YOGYAKARTA

Oleh : Emi Indrawati
NIM : 10.1.01.07.0059



Yogyakarta - Siapa yang tidak terpikat dengan kerajinan tangan yang satu ini? Ya, miniatur cantik yang mampu memikat hati siapa saja. Miniatur ini bahkan mampu menyerupai bentuk aslinya. Tepatnya di alun-alun kota Yogyakarta, banyak penjual yang menghadirkan miniatur cantik berbagai macam bentuk. Ada yang berbentuk tugu monumen Yogyakarta, Candi Prambanan, Candi Borobudur, berbentuk mobil, vespa, dan sebagainya. Bahan yang diguanakan pun berasal dari berbagai jenis kayu, seperti kayu balsa, kayu albasiah, kayu kapuk, dan sebagainya.

Salah satu penjual miniatur cantik ini bernama Nita (26). Ia bukanlah pengrajin miniatur ini, melainkan ia mengambil kerajinaan tersebut dari salah satu home industri kreatif di kota Yogyakarta. Harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau. “Kalau miniatur ini saya jual dengan kisaran harga Rp. 10.000 sampai Rp. 50.000 saja”, jelas perempuan manis tersebut. Tak heran, jika banyak wisatawan lokal mupun luar kota yang menyukai miniatur cantik khas kota gudeg ini.

Menurut salah satu pembeli, Wisnu (25), berpendapat “Saya tertarik membeli miniatur ini karena bentuknya yang khas. Bagi saya tak lengkap rasanya datang ke yogya kalau tidak membeli miniatur-miniatur ini. Liat, Mbak… bentuknya sudah bisa menyerupai hal-hal yang khas dari kota yogya ini. Jadi miniatur ini layak dijadikan oleh-oleh sekaligus kenang-kenangan karena telah singgah di kota yogyakarta”.

Penjual miniatur-miniatur cantik ini, tepatnya terletak di kompleks alun-alun Yogyakarta sebelah barat. Menurut sang penjual, rukonya biasa buka dari pagi sampai malam. Jika pada malam hari masih banyak wisatawan yang berkunjung di alun-alun tersebut, maka ruko milik Mbak Nita ini bisa buka sampai pukul 12 malam. Jadi, apabila anda berkunjung ke kota Yogyakarta, jangan lupa mampir untuk membeli buah tangan yang satu ini ya….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar