Senin, 07 Juli 2014

MAHASISWA PRODI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI MELAKUKAN KUNJUNGAN KE RADAR KEDIRI




        Sabtu tanggal 21 Juni 2014 mahasiswa UNP PGRI Kediri melakukan kunjungan ke Radar Kediri . Kunjungan tersebut dilakukan untuk memenuhi tugas mata kuliah jurnalistik. Berbagai persiapan dilakukan mahasiswa sebelum melakukan kunjungan. Mulai dari rapat pembentukan panitia sampai konsumsi. Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia mengadakan program Kunjungan ke Radar Kediri sebagai salah satu mata kuliah jurnalistik, dimaksudkan agar mahasiswa semester 8, bisa mengerti dan memahami seluk beluk tentang jurnalistik.
           Radar Kediri bertempat di Jl. Raya Gampengrejo No. 45, Kediri.  Sebelum berkantor di Gampengrejo, Radar Kediri berkantor di Jl. Brawijaya 27 D. Radar Kediri adalah koran harian di bawah Jawa Pos Group yang terbit di wilayah kota Kediri, kabupaten Kediri dan kabupaten Nganjuk. Koran lokal yang memuat berita tentang kejadian-kejadian sekarisidenan Kediri. Kedatangan mahasiswa UNP Kediri disambut baik oleh pihak Radar Kediri. Kami diberikan informasi tentang cara kerja Radar Kediri dan wartawannya serta tentang pengelolaan berita sampai menjadi koran dan diterbitkan.
          Cara pengelolaan berita sampai menjadi koran dan diterbitkan, tidaklah mudah. Perlu dilakukan beberapa tahap-tahap sampai akhirnya bisa menjadi koran. Proses pembuatan koran yaitu : 1. Rapat redaksi, 2. Pencarian berita oleh wartawan, 3. Rapat penentuan berita yang akan dimuat, 4. Wartawan melakukan penulisan sesuai rapat redaksi, 5. Editing brita, 6.Layout di komputer, 7. Pengiriman berita melalui internet ke cabang nganjuk untuk kemudian dicetak di nganjuk.
          Radar kediri mempunyai beberapa wartawan. Setiap wartawan memiliki pos-pos sendiri, tiap bidang memiliki wartawan sendiri, mis bidang olah raga, untuk mencari berita wartawannya juga wartawan khusus olah raga. Pemerintahan, bisnis dan lain-lain juga memiliki wartawan sendiri. Dengan kita melakukan kunjungan ke Radar Kediri, mahasiswa semakin mengerti dan faham bagaimana cara kerja wartawan untuk mencari berita dan tahu proses tahap-tahap pembuatan koran, sampai diterbitkan. Banyak manfaat yang kita peroleh setelah melakukan kunjungan ke Radar kediri.



      







Tidak ada komentar:

Posting Komentar