Selasa, 15 Juli 2014

Kaosnya Malioboro


Oleh : Ernaningsih (10.1.01.0.0060)
M
alioboro terkenal dengan pusat belanja aneka barang dan makanan khas Yogyakarta. Di sana wisatawan dapat membeli berbagai barang untuk oleh-oleh dengan harga yang cukup terjangkau apabila pintar menawar. Berbagai jenis batik dan baju dengan merk Dagadu, Orang Jogja, dan merk-merk lain hasil produksi asli anak muda Jogja tersedia disana.
Ada yang menarik dari para penjual baju kaki lima yang ada di trotoar Malioboro yaitu harga baju yang sama. Pedagang baju kaki lima yang ada di sana, menjual kaos-kaos Jogja dengan berbagai merk dengan harga yang relatif sama. Harga setiap kaos di semua pedagang baju yang ada di sana juga sama, berkisar antara Rp 20.000-Rp 40.000 sehingga pedagang dapat bersaing secara sehat. Persamaan harga ini dikarenakan mereka membeli dari satu produsen yang sama dan karena adanya kesepakatan antar pedagang sehingga antar pedagng tidak saling menjatuhkan harga. Dengan harga yang relatif sama membuat pembeli tidak perlu bingung untuk menawar dan beralih ke beberapa pedagang.

Dengan adanya pedagang-pedagang yang tidak menjual barang mereka dengan harga yang mahal kepada wisatawan membuat wisatawan yang berkunjung ke Malioboro akan merasa nyaman dan aman sehingga mereka tidak takut untuk membeli barang-barang yang ada di sana dan pedagang pun akan merasa diuntungkan karena akan banyak wisatawan yang berbelanja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar