Rabu, 16 Juli 2014

Murahnya Cindera Mata Khas Jogja


   Oleh : Etik Ernawati
( 10.1.01.07.0061)
K
OTA Jogja terkenal sebagai surganya tempat wisata sejarah. Selain kotanya yang bersih, rapi, dan nyaman, di kota Jogja banyak terdapat tempat – tempat wisata  peninggalan sejarah yang sangat menarik dan dapat menambah wawasan pengetahuan. Sehingga tempat – tempat wisatanya banyak dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun para wisatawan asing. Tempat tersebut antara lain: Candi Borobudur, Candi Prambanan, Kedaulatan Rakyat, dan lain – lain. Karena banyaknya tempat – tempat wisata peninggalan sejarah tersebut, kota Jogja memberikan daya tarik bagi semua orang untuk berkunjung kesana.

 “ketika pulang berkunjung dari Jogja tentunya tidak lengkap tanpa membawa cindera mata atau oleh – oleh khas Jogja. Biasanya para wisatawan membeli bakpia khas Jogja untuk oleh – oleh. Akan tetapi ada juga cindera mata yang juga sangat diminati untuk dibawa pulang. Salah satunya gantungan kunci yang sangat murah dan menarik. Gantungan kunci ini dapat dijadikan cindera mata saat berkunjung ke Jogja. Karena gantungan kunci ini murah harganya dan juga mudah didapatkan di Malioboro. Sebab, di Malioboro banyak kios – kios yang menjual gantungan kunci ini dengan harga Rp. 10.000,- dapat memperoleh 5 gantungan kunci khas Jogja yang bermacam – macam bentuknya sesuai keinginan”.
Selain gantungan kunci, cindera mata lainnya yang juga harganya sangat murah dan mudah dijumpai di Malioboro yaitu tempat pensil dari kayu dan juga kaos yang bertuliskan corak – corak kota Jogja. Kaos tersebut sangat beragam motif maupun coraknya, ada yang bertuliskan Malioboro maupun kata – kata yang unik sesuai dengan ciri khas kota Jogja. Sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke Malioboro tertarik untuk membelinya. Disamping kualitas kaos yang bagus harganya juga relatif murah dari kisaran harga Rp. 15.000,- setiap kaosnya.  Kaos – kaos ini banyak sekali dijumpai di kios – kios pasar Malioboro dan juga disekitar jalan alun – alun dekat Malioboro.
Kedua cindera mata ini sangatlah cocok digunakan sebagai jajanan khas dari kota Jogja untuk keluarga dirumah. Selain harganya yang terjangkau barangnya juga menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar