Senin, 21 April 2014

NASI BADER PENGGUGAH SELERA

                 Oleh : ELLA AGUSTININGTIYAS

Siapa yang tak mengenal Bendungan Gerak Watu Turi?. Tempat wisata yang biasa disebut dengan Mbendungan ini merupakan salah satu tempat wisata favorit di kabupaten Kediri. Bendungan raksasa dan pemandangan sungai Brantas menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Bukan hanya dari Kediri namun banyak wisatawan luar kota yang berkunjung ke tempat wisata ini. Wisata bendungan Watu Turi sangat cocok digunakan untuk sarana rekreasi keluarga ataupun bersama orang terkasih. 

Berbicara tentang tempat wisata Bendungan, maka kurang lengkap rasanya jika kita tidak mencicipi salah satu warung yang cukup terkenal di tempat wisat ini. Salah satu yang menjadi favorit para pengunjung adalah nasi bader yang dijual di warung Bu Nur (56) . Warung makan Bu Nur merupakan warung yang pertama ada di lokasi Bendung Gerak Watu Turi. “Dulu belom ada mbak warung-warung disini. Pertama kali punya saya thok”, tutur Bu Nur dengan penuh semangat. 

Menurut penuturannya Bu.Nur sudah berjualan hampir 20tahun. Para pelangganya menyebut warungnya sebgai warung iwak kali. Setiap hari banyak pengunjung yang bertandang unutuk menikmati nasi Badernya. Tak jarang, para pegawai kantor datang ke wisata Bendung Gerak Watu Turi hanya untuk makan siang di warungnya.Ketika di wista Bendung Gerak watuturi ada event dangdut, kesenian Jaranan, kampanye partai atau kunjungan wista dari pemerintah, warung Bu Nur selalu dipercaya untuk mengatur dan menyiapkan konsusmsi. Dalam sehari Bu Nur bisa meraup untung hingga Rp.500.000,- per hari. Namun jika tempat wisata sedang sepi, Bu Nur hanya bisa mendapat untung sekitar Rp.200.000,- per hari. 



Nasi bader artinya nasi dan ikan Bader. Ikan Bader atau ikan putihan merupakan ikan yang hidup di sungai-sungai. Bentuknya mirip ikan tawes namun ada sedikit warna merah di bagian ujung sirip ikan bader. Bu Nur menyajikan ikan bader dengan digoreng. Penyajiannya dilengkapi dengan sambal terasi dan lalapan, tak lupa dengan nasi yang hangat. Sensasi rasa ikan bader goreng plus sambel terasi dipadu dengan pemandangan sungai brantas akan sangat menggugah selera makan kita. Hanya dengan Rp.12.000,- kita sudah bisa menikmati satu porsi Nasi bader lengkap dengan sambal, lalapan, nasi hangat dan satu gelas es teh. 

Bu Nur tidak hanya menyediakan Nasi Bader , namun ada juga makanan unik lainnya yang sudah sulit ditemukan, diantaranya Nasi Udang, Nasi Wader, Nasi Kutok, Nasi Rengkik dan Nasi Jendil yang tentunya rasanya tidak kalah nikmatnya. Jika anda berkunjung ke Bendung Gerak Watu Turi maka anda wajib pula bertandang ke warung makan Bu Nur untuk menikmati aneka kuliner unik yang menggugah selera. Jika anda kesulitan menmukan warung ini, tak perlu bingung karena satpam penjaga pintu gerbang akan dengan senag hati menunujuk kan lokasi warung Bu Nur, sebab Pak Stapam merupakan salah satu langganan setia di warung Bu Nur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar