Selasa, 22 April 2014

TIKET MAHAL FASILITAS TAK MEMUASKAN



Oleh : Ima Rotu Rizki
          10.1.01.07.0083



Bendungan Gerak Waru Turi merupakan salah satu obyek wisata yang ada diwilayah Kabupaten Kediri, lebih tepatnya berlokasi di wilayah Kecamatan Gampengrejo. Di lokasi bendungan yang memiliki panjang kurang lebih sekitar 150 Meter ini, pengunjung akan disuguhi dengan situasi dan kondisi alamnya yang tergolong alami. Selain pemandangan yang indah kawasan wisata ini juga menyediakan wahana kolam renang, kebun binatang kecil, dan area mainan seperti kereta kelinci.Namun sekarang ini Kondisi wahana Wisata Bendungan Waru Turi di Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur semakin memprihatinkan. 
 
Obyek wisata alam ini tidak terurus akibat tidak mendapat perhatian dari pihak terkait, dalam hal ini Jasa Tirta.Akibat fasilitas wisata yang tidak terawat, dari tahun ke tahun, jumlah pengunjung wisata air ini semakin merosot. Di areanya bendungan yang luasnya mencapai 32 hektar, fasilitas wisata yang tersisa hanya persewaan perahu bebek usang yang tarifnya Rp 10 ribu per jam. Selain wahana wisata yang tidak terawat, sepinya pengunjung dikarenakan biaya masuk yang terlampai mahal, yaitu Rp.5000 per orang dan Rp.1000 untuk satu kendaraan, jadi kalau berpasangan kita harus mengeluarkan kocek Rp.11000, padahal fasilitas dan keadaan bendungan yang sangat kotor sangat tidak memuaskan.

Mahalnyanya tiket masuk tersebut tidak sebanding dengan fasilitas wisata yang ditawarkan. Sebab Bendungan Waru Turi ini pengunjung hanya bisa menikmati pemancingan dan naik perahu.Sepinya pengunjung ini juga berdampak pada perekonomian warga yang membuka warung di dalam areka bendungan. Tak heran bila satu persatu pemilik warung memilih tutup karena tak ingin terus merugi. Minimnya perhatian dan perawatan Wisata Bendungan Waru Turi ini membuat keindahanya semaki terkikis. Rindangnya dedaunan yang dulu mampu membuat segar setiap mata itu mulai hilang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar