Selasa, 22 April 2014

Waspada Gastroenteritis Akut


                                                               Oleh : Etik Ernawati

          Kediri (6/4) – Dalam dunia kesehatan, penyakit ada banyak macam dan jenisnya. Penyakit Gastroenteritis Akut salah satunya atau bisa disebut juga dengan penyakit maag.
Tentunya penyakit ini tidak begitu asing ditelinga, karena sering dijumpai penderitanya. Penyakit Gastroenteritis Akut ini merupakan penyakit yang tidak memandang usia,sebab penderita penyakit ini mulai dari remaja hingga orang tua.
          Penyebab awal penyakit ini adalah terpicunya asam lambung karena makanan yang pedas maupun masam, atau karena jadwal makan yang tidak teratur. Meningkatnya asam lambung tersebutlah yang menjadi awal mula penyakit Gastroenteritis Akut atau sakit Maag.
          Dari hasil pengamatan yang dilakukan di salah satu rumah sakit Bayangkara Kota Kediri, melalui wawancara dengan salah satu karyawannya. “Penderita penyakit Gastroenteritis Akut pada Bulan Januari tercatat sebanyak 14 orang, sedangkan pada Bulan Februari terjadi penurunan hampir 50% menjadi 8 orang”. Ujar salah satu perawat di rumah sakit tersebut.
          Dibanding dengan penyakit lainnya yang lebih membahayakan, seperti : Hipertensi atau Diabetes Melitus. Penyakit Gastroenteritis Akut  ini terbilang paling banyak penderitanya pada Bulan Januari dan Februari. Hal tersebut terjadi karena kebanyakan orang memandang sebelah mata penyakit maag ini, padahal penyakit ini bila dibiarkan tanpa diberi obat dapat menyebabkan penyakit Liver.
          Jadi, mulai sekarang teraturlah menjadwal jam makan walau sesibuk apapun dan berhati-hatilah dengan makanan yang memiliki dominan rasa pedas maupun masam. Agar tak mengenal penyakit Gastroenteritis Akut atau sakit maag.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar