Selasa, 22 April 2014

SEJARAH BERDIRINYA RSM AHMAD DAHLAN KEDIRI

SEJARAH BERDIRINYA RSM AHMAD DAHLAN KEDIRI

OLEH : DITA SEPTYANING TYAS

Pembina KesejahteraanUmat (PKU)  Muhammadiyah merupakan salah satu amal usaha Muhammadiyah yang bergerak di bidang kesehatan dan sosial.
 
Sejarah
PKU Muhammadiyah awalnya didirikan berupa klinik sederhana pada tanggal 15 Februari 1923 di kampong Jagang Notoprajan Yogyakarta.Awalnya bernama PKO (Penolong Kesengsaraan Oemoem) dengan maksud menyediakan pelayanan kesehatan bagi kaum dhuafa’.Didirikan atas inisiatif H.M. Sudjak yang didukung sepenuhnya oleh K.H. Ahmad Dahlan. Seiring dengan perkembangan jaman, pada sekitar era tahun 1980-an nama PKO berubah menjadi PKU (Pembina KesejahteraanUmat)
Pada tahun 1928 perkembangan klinik semakin bertambah besar dan berkembang menjadi poliklinik PKO Muhammadiyah.  Lokasi juga harus lebih luas dan perlu dipindahkan ketempat yang lebih memadai dengan menyewa sebuah bangunan di Jalan Ngabean No.12 B Yogyakarta (sekarang Jalan K.H. Ahmad Dahlan).
Dan seiring tahun, rumah sakit Ahmad Dahlan(Muhammadiyah) ini di perluas hingga di Kediri dan beberapa wilayah lain. Seperti di Kediri di jalan Gatot Subroto 84 Kediri, dekat Universitas Nusantara PGRI Kediri yang total berusia 101 tahun lebih di tahun 2014 ini.
Fasilitas yang cukup memadai dan bangunan gedung yang bersih serta menambah fasilitas gedung baru membuat rumah sakit ini mendapat keperayaan perhatian sendiri di hati masyarakat. Ruangan kamar yang terjaga privasinya membuat pasien betah, dan pulih lebih maksimal(cepat).Seperti pada gambar di samping.




Begitu juga dengan Ruang utama terdapat Kasir,
Juga tersedia musholla sebgai tempat  beribadah yang juga terjaga kebersihannya.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar