Selasa, 22 April 2014

PERSIAPAN KURIKULUM 2013 UNTUK TAHUN AJARAN 2014/2015

                                                               
                                                               Oleh :Dwi Findi Febrina

              Sejak diputuskan tentang kurikulum 2013 kini giliran MI Islamiah Sidorejo Blitar sedang mempersiapkan kurikulum 2013. Kini giliran MI Islamiah Sidorejo Blitar yang mulai mempersiapkan kurikulum 2013. Tahun 2014 ini adalah awal bagi MI Islamiah Sidorejo Blitar menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan keperluan kurikulum 2013, dari pemenuhan sarana dan prasarana serta pengetahuan guru tentang kurikulum 2013.
              Dalam persiapan ini guru harus extra kerja keras demi terlaksananya kurikulum 2013 yang rencananya akan dilaksanakan pada tahun ajaran 2014/2015 , “alasan kurikulum 2013 ini baru dilaksanakan pada tahun ajaran 2014/2015 adalah karena ini sudah peraturan pemerintah”. Ujar wali kelas 1 MI Islamiah Sidorejo Blitar.
              Segala upaya dilakukan demi menunjang persiapan kurikulum 2013 dari guru-guru yang mengikuti pelatihan-pelatihan dan bimbingan teknis tentang kurikulu 2013 yang diadakan oleh Departemen Pendidikan serta Kementrian Agama yang membidangi pendidikan.
              MI Islamih Sidorejo adalah salah satu MI swasta yang memang harus membiayai segala hal keperluan dengan dana pribadi sekolah, sehingga dalam penyuluhan yang diperlukan oleh guru-guru MI Islamih Sidorejo tidak dapat mendatangkan tutor yang berperan penting sebagai sumber penyuluhan kurikulum 2013. Disamping mahalnya mendatangkan tutor penyuluhan untuk datang ke sekolah. Hal ini berbeda dengan keadaan sekoah negri dimana dana yang diterima dari pemerintah sehingga dapat mendatangkan tutor ke sekolah tersebut. “Memanggil tutor kurikulum 2013 itu mahal jadi kami guru-guru serta kepala sekolah dan waka Kurikulum hanya bisa mengikuti penyuluhan yang diadakan oleh Departemen Pendidikan serta Kementrian Agama yang digelar secara Gratis”. Ujar wali kelas 1 MI Islamiah Sidorejo ini. Dalam bimbingan teknis  ini pekerjaan ekstra juga dilakukan oleh Wali kelas 1 dan kelas 4 sebagai awal penerapan kurikulum 2013 dibandingkan Kepala Sekolah dan Waka Kurikulum.
              “Kelas 1 sebagai awal golongan kelas rendah adalah sasaran untuk diterapkan kurikulum 2013 dan juga kelas 4 sebagai batasan kelas atas, jadi untuk siswa kelas 1 dan kelas 4  dapat diterapkan ke kelas selanjutnya”. ujar wali kelas 1 MI Islamih Sidorejo blitar ini.
              Kurikulum KTSP yang kini dikembangkan menjadi kurikulum 2013 ,dalam kurikulum 2013 ini tidak hanya menekankan pada penilaian kognitif peserta didik namun juga menggali pengembangan diri dan kreatifitas siswa sejak dini.
              Persiapan pelaksanaan kurikulum 2013 ini tidak luput dari hambatan dimana MI Islamiah Sindorejo masih menunggu buku yang akan diberikan oleh pemerintah, serta pelatihan guru-guru yang dirasa masih kurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar