Rabu, 14 Mei 2014

BANGUNAN ROBOH, KELAS 1 DAN KELAS 2 BELAJAR BERGANTIAN

Oleh : Emi Indrawati (10.1.01.07.0059)


Nganjuk – Sekolah adalah tempat untuk menuntu ilmu. Oleh karena itu, selayaknya setiap fasilitas yang menunjang pendidikan harus diperhatikan dengan baik oleh semua pihak. Jika tidak, maka hal tersebut akan mengganggu proses pembelajaran. Hal inilah yang menimpa SDN Klagen 1 di Kecamatan Rejoso, Kab. Nganjuk.
Salah satu bangunan di SD tersebut telah roboh. Menurut keterangan yang ada, bangunan tersebut roboh karena adanya hujan deras disertai angin puting beliung pada bulan Desember tahun lalu. Ironisnya, bangunan yang roboh itu dulu digunakan belajar oleh siswa kelas 2, namun sempat dua tahun dikosongkan karena kondisinya yang sudah tidak layak. Tembok bangunan sudah retak, atap-atap bocor, kondisi bangku juga sudah rusak parah.
Kepala Sekolah SDN Klagen 1, Edy Dwy Martojo, S.Pd.SD menerangkan “Sebenarnya bangunan tersebut sudah kosong selama dua tahun. Itu karena kondisi bangunan yang sudah rusak parah. Kami juga sudah melaporkannya kepada Dinas Pendidikan setempat, namun baru tahun ini setelah bangunan itu roboh, kami mendapat kunjungan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk. Mereka berjanji akan segera mengucurkan dana untuk memperbaiki bangunan tersebut,” ujar pria ramah ini.
Akibat dari kerusakan bangunan tersebut, siswa kelas 1 dan kelas 2 harus bergantian belajar di sekolah. Mereka menempati satu kelas yang sama. Kelas 1 masuk mulai pukul 07.00 sampai pukul 09.00 kemudian dilanjutkan kelas 2. Itupun tanpa jeda istirahat.
Kenyataannya, selain memiliki bangunan roboh, sekolah yang berdiri pada 01 Januari 1949 ini juga terlilit masalah lain. Yaitu berupa lantai yang belum dikeramik, dan beberapa kelas masih beratap asbes. Banyak harapan yang tertuang dari diri Kepala Sekolah SDN Klagen 1 ini, beliau berharap agar dana yang dijanjikan pemerintah untuk memperbaiki segala infrastruktur yang telah rusak pada sekolah tersebut untuk segera cair. Tentu saja agar kenyamanan belajar siswa di SDN Klagen 1 ini juga sama seperti kenyamanan yang dimiliki Sekolah Dasar-Sekolah Dasar lain di perkotaan. Semoga janji tidak sekedar janji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar