Minggu, 11 Mei 2014

SI “PENGHUBUNG” DUA DESA RUSAK PARAH

Oleh : Emi Indrawati (10.1.01.07.0059)

Nganjuk - Jalan merupakan hal terpenting bagi setiap orang. Jika fasilitas yang satu ini tidak terpelihara dengan baik, maka warga antar desa akan sulit untuk saling berhubungan. Seperti halnya bagi warga desa Klagen dan desa Setren di Kecamatan Rejoso. Jalan yang menghubungkan dua desa ini rusak parah. Bahkan jika hujan turun, tak jarang banyak pengendara motor, terutama pengendara motor matic yang terjatuh karena ruas jalan yang becek, rusak, dan licin.
            Keadaan seperti ini sudah lama terjadi, dan belum ada perbaikan sama sekali. Menurut Sumali (39), yang mengakibatkan jalan penghubung ini rusak adalah sering lewatnya truk-truk bermuatan bahan-bahan material yang melewati desa Klagen untuk sampai ke desa Setren. “Jadi begini mbak, yang mengakibatkan jalan ini rusak, justru bukan karena truk-truk yang mengangkut sayur mayur milik petani di sawah ini, tapi justru truk-truk yang bermuatan berlebih, seperti truk dengan muatan bahan-bahan material. Banyak warga desa Setren yang membeli bahan-bahan material untuk membangun rumah dari luar Rejoso, dan pengirimannya melewati jalan ini” ujar pria yang berprofesi sebagai petani bawang merah ini.
            Selain itu, menurut Ria (26), “Jika warga Klagen ingin berkunjung ke Setren, dan sebaliknya mbak dengan jalan yang lebih baik dan nyaman, maka harus memutar arah melewati jalan raya tapi jaraknya lebih jauh, sekitar 7 km”, ujarnya.  Dia juga menambahkan kalau banyak orang yang terjatuh saat melewati jalan di persawahan tersebut, terutama saat hujan.
Banyak harapan yang tertuang dari para warga dua desa bertetangga ini, adalah adanya perbaikan jalan dengan segera. Sebab, kenyamanan dan keamanan saat berkendara adalah hal terpenting yang harus diperhatikan semua pihak. Meskipun jalan penghubung ini terletak di area persawahan, tapi selayaknya juga harus diperhatikan oleh semua pihak. Sebab, dua desa yang bertetangga, seharusnya dapat saling berhubungan dengan mudah.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar