Minggu, 11 Mei 2014

Mencegah Penuaan Dini Menggunakan Susu SAKE

Oleh : Fara Diba (10.1.01.07.0064)




Nganjuk – Kreativitas kuliner minuman kini telah marak beredar di masyarakat. Salah satu bahan pangan tersebut yakni kedelai yang diolah menjadi susu sari kedelai. Penduduk desa Setren, Rejoso bernama Martono (68) dan Tarmi (57) telah mampu berinovasi dengan membuat minuman sehat yang unggul. Produk yang dinamai ESCO ini dikerjakan dirumah milik sendiri. Saat dimintai keterangan kemarin (06/05), Martono menuturkan bahwa usaha yang didirikan sejak tahun 2004 lalu telah mendapat izin dari Dinas Kesehatan Nganjuk. Semakin banyaknya minat konsumen, jumlah produksi pun bertambah banyak.
Ide mengembangkan susu sari kedelai ini ia dapat sewaktu masih kuliah di Perguruan Tinggi Negeri Malang dan bertemu dengan mata kuliah kewirausahaan. Sehingga pada prakteknya Martono berinovasi membuat susu sari kedelai sebagai income keluarga. “Dulunya saya PNS, tapi setelah saya berhenti bekerja saya mencari cara gimana biar saya tetap bisa menafkahi keluarga tanpa jadi buruh atau ikut orang. Terus saya berfikir-berfikir dan akhirnya menemukan ide membuat susu sari kedelai ini mbak” tutur Martono.
Susu sari kedelai ini dihasilkan dari kedelai import berkualitas. Bahan yang dibutuhkan diantaranya kedelai import, gula pasir, sedikit garam, air, pandan wangi dan pewarna makanan Red Bell. Pembuatan ini dimulai dengan fermentasi terhadap kedelai lebih dahulu selama enam jam. Selanjutnya diproses dengan menggiling kedelai lalu dimasak dan dicampur dengan pewarna makanan alami. Setelah itu, disaring menggunakan saringan khusus (skrin) dan dibungkus dalam plastik sesuai ukuran.
Pemberian nama ESCO ini tidak semata-mata hanya mencari uang sebagai penghasilan, melainkan juga berbagi ilmu dengan para tetangga sekitar. “Alasan saya membuat minuman ini tidak sebatas mencari nafkah mbak, tapi juga berbagi ilmu sama tetanggan dan banyak orang agar bias mandiri untuk mencukupi kebutuhan hidup”. Martono juga menambahkan bahwa dirinya juga pernah mengikuti pelatihan memasak di Surabaya. Sejak saat itu, Martono berbagi ilmu tidak hanya di rumah tetangga sekitar, tapi di lima kecamatan daerah Nganjuk.
Kedelai mengandung sari manfaat yang baik untuk kesehatan. Banyak para peneliti menemukan macam-macam khasiat yang terkandung didalam sari kedelai, yaitu :
1.      Untuk mencegah penuaan dini
2.      Mengatasi Intoleransi Laktosa
3.      Pengganti susu sapi bagi autis
4.      Pengganti susu sapi bagi para vegetarian
5.      Mencegah Arteriosklerosis, Hipertensi, Jantung Koroner, dan Stroke
6.      Mengurangi kadar kolesterol dalam darah
7.      Mencegah kencing manis / diabetes mellitus
8.      Menghambat menopause dan mencegah osteoporosis
9.      Mencegah migraine
10.  Sebagai anti kanker
Di akhir wawancara, Martono mengungkapkan kata-kata bahwa Tidak Ada Teman yang Tetap. Tidak Ada Musuh yang Tetap. Yang Tetap adalah KEBUTUHAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar