Senin, 12 Mei 2014

Menyukai Pelajaran Membuat Keterampilan






Oleh : Ima Nurfaningsih
            Nganjuk, Pelajaran umum tanpa selingan ekstrakurikuler lain terkadang membuat siswa jenuh karena siswa selalu saja berada di dalam kelas tanpa ada suasana baru. Rabu (7/5) di SD Negeri Campur 1 tampak berbeda pada hari-hari sebelumnya, biasanya jika jam pelajaran selesai para siswa akan pulang tetapi tidak pada hari ini, setelah jam pelajaran selesai para siswa terutama siswa kelas 5 akan mengikuti ekstra tambahan, yakni membuat kerajinan dari kain flanel yang di pandu oleh Mahasiswa KKN UNP Kediri. Ekstrakurikuler ini akan membuat siswa lebih kreatif dan tidak akan tertinggal dari siswa-siswa yang berada di Kota meskipun pelaksanaannya terbatas oleh waktu.
            SDN Campur 1 yang terletak di Desa Campur-Kecamatan Gondang, sangat antusias mengikuti materi tambahan. Hal ini tampak dari pihak sekolah yang memberi respon positif untuk Mahasiswa KKN dan para siswa yang datang tepat waktu. “Terserah Anda ingin melakukan program apa di SD Campur 1, Kami selaku pihak sekolah mendukung program Anda sepenuhnya,” tutur kepala sekolah SDN Campur 1.
            “Saya suka mendapat pelajaran kerajinan karena nanti tidak ada PR,” ujar Erfila salah satu siswa kelas 5 SDN Campur 1. Membuat kerajinan memang salah satu pelajaran yang disenangi siswa terutama siswa SD, Mereka bisa bermain sambil berkreasi.
            Membuat kerajinan dari bahan terbaru seperti flanel yang hanya ditemui di Kota bisa membuat siswa yang berada di Desa tidak akan tertinggal pengetahuannya. “Saya senang bisa membuat jepit dari kain flanel karena biasanya saya hanya bisa membeli jepit dari kain flanel di toko,” tutur Putri yang juga siswa SDN Campur 1.
              “Bisa berbagi ilmu dan pengetahuan dengan orang lain terutama siswa SD sangatlah menyenangkan, program membuat kerajinan dari kain flanel ini bisa menambah wawasan dan kreatifitas siswa. Siswa tidak hanya membeli saja tetapi bisa tahu caranya membuat,” tegas Elita Mahasiswa KKN UNP Kediri yang menjalankan program membuat kerajinan dari kain flanel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar