Kamis, 15 Mei 2014

Potensi Lokal Bawang Merah


 Bawang merah merupakan salah satu komoditas sayuran yang mempunyai arti penting bagi masyarakat. Wilayah Nganjuk, khususnya di wilayah sukomoro dan sebaian gondang terdapat desa yang membudidayakan bawang merah sebagai hasil bumi mereka. Bawang merah merupakan salah satu komoditas sayuran unggulan yang sejak lama telah diusahakan oleh petani secara intensif. Komoditas ini juga memberikan kontribusi cukup tinggi terhadap perkembangan ekonomi mereka.
Tanaman bawang merah lebih senang tumbuh di daerah beriklim kering, jadi sangat cocok dibudidaya di wilayah Nganjuk bagian utara yang memiliki kontur tanah kering dengan sinar matahari yang cukup dan suhu udara agak panas, ujar Syamsudin, warga Ds. Sumberjo Kec. Gondang Kab. Nganjuk yang merupakan salah satu petani bawang merah yang sukses di daerah tersebut.
Cara tanam yang mudah dan waktu panen yang relatif singkat yakni 55 hari untuk konsumsi dan 60-80 hari untuk dijadikan benih, harga jual tinggi serta kontur tanah yang cocok adalah sebagian masyarakat untuk terus menanam dan mengembangkan bawang merah.
Proses setelah pemanenan bawang merah dari sawah dilakukan pengeringan umbi dilakukan dengan dijajar berbaris selebar bedegan dengan umbi bawang ditutup 1/3 dari daun cabutan berikutnya dan dikeringkan selama 6-12 hari atau tergantung dari panas sinar matahari. Proses pengeringan dihentikan aabila umbi sudah terlihat megkilap, lebih merah, leher umbi tampak keras dan bila terkena sentuhan terdengar gemersik. Sortasi dilakukan setelah proses pengeringan. Ikatan bawang merah dapat disimpan dalam rak penyimpanan atau digantung. Ruang penyimpanan harus bersih, cukup ventilasi dan tidak dicampur dengan komoditas lain. Setelah 1-1,5 bulan penyimpanan, dilakukan sortasi terhadap umbi bawang merah yang keropos/busuk. Diberi fungisida/insektisida, ditaburkan dibagian antara umbi dan ikatan dalam. Benih bawang merah jika disimpan dengan baik, dapat bertahan hingga 2-4 bulan dalam penyimpanan.




Nama   : Hendra Wahyu Hadi W.

NPM   : 10.1.01.07.0076

Tidak ada komentar:

Posting Komentar