Rabu, 28 Mei 2014

BERHARGANYA SETETES AIR

Oleh  : Eva Nur Chabib 
     10.1.01.07.0063
     Air merupakan salah satu sumber kehidupan makhluk hidup, ketersediaan air disetiap tempat berbeda-beda seperti halnya di Desa Sumbermiri Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk. Di desa ini air sangat sulit di dapatkan sehingga masyarakat sekitar berputar otak untuk membuat tandon air yang menggunakan energi tenaga surya, sehingga mahasiswa KKN juga ikut merasakan betapa berharganya air di Desa Sumbermiri. Seperti halnya melakukan aktivitas setiap hari yang berhubungan dengan air (mandi,mencuci,masak).
       Dari berbagai warga di Desa Sumbermiri hanya terdapat beberapa rumah yang mempunyai pompa air tradisional, jika tidak ada panas matahari dan tandon air tidak terisi air, mau tidak mau warga harus bersusah payah mengambil air di rumah warga yang memiliki pompa air tradisional dengan cara memikul timba.
     Dalam kegiatan KKN memberi pelajaran yang sangat berharga terhadap KKN UNP (Universitas Nusantara PGRI) terutama kelompok 74 agar lebih menghargai air.
Perjalanan KKN saya menemukan kehidupan nyata,
       Setidaknya sepulang dari KKN kita mempunyai rasa cinta terhadap lingkungan alam, mempunyai rasa syukur terhadap apa yang kita miliki, menerapkan hemat air khususnya menggunakan air seperlunya saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar