Kamis, 15 Mei 2014

Pemanfaatan Kulit Bawang Merah



                                    Pemanfaatan Kulit Bawang Merah           
                      
Oleh  : Dwi Wulandari
NPM : 10.1.01.07.0056



           Nganjuk - Bawang merah merupakan bagian terpenting dari bumbu masakan, baik untuk masakan rumah tangga, restoran, industri makanan, disamping itu bawang merah juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal (demam pada anak, perut kembung dan batuk). Limbah kulit bawang merah yang berharga selalu dibuang menjadi sampah tak berguna kini di tangan mahasiswa UNP (Universitas Nusantara PGRI) Kediri, disulap menjadi bahan yang berguna sebagai sirup. Dengan program individu KKN yang bertempat di desa Karangsemi kecamatan Gondang kabupaten Nganjuk, kreativitasnya tersebut mahasiswa tingkat IV semester VIII ini berhasil membuat antusias ibu – ibu PKK Karangsemi yang bertempat dibalai desa Karangsemi, Gondang. Dalam program individu KKN membuat sirup dari kulit bawang merah, pemilik nama Retno Suci Rahayu ini sangat getol dan luwes dalam menjelaskan langkah – langkah dalam membuat sirup dari kulit bawang merah. 

 Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencuci kulit bawang merah, setelah bersih kemudian di rebus hingga mengeluarkan warna merah, Retno juga menambahkan gula agar manis, langkah terakhir yaitu menunggu dingin untuk dituang ke botol.
Desa Karangsemi salah satu sebagai pusat penghasil bawang merah. Bawang merah (Allium cepa Kelompok Aggregatum) adalah sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan Asia Tenggara dan dunia. Orang jawa mengenalnya sebagai brambang.


1 komentar: