Sabtu, 17 Mei 2014

Kerajinan Dari Banjardowo


KERAJINAN DARI BANJARDOWO
Oleh : Farida Dwi Listiana

Berbagai kerajinan dari kalung, gelang sampai bros ada di rumah pak hasan yang juga selaku produsen dari manik-manik yang akan dibuat berbagai kerajinan. Pertama manik-maniknya itu di import dari cina lalu agar sampai ke tangan ibu hasan di kirim ke  jakarta terdi kirim ke  jakarta terlebih dahulu kemudian di kirim ke banjardowo.
Ibu Hasan juga baik dapat memberikan pekerjaan pada tetangga-tetangganya dengan merangkaikan manik-manik tersebut. Kebanyakan tetangga juga merasa senang bisa membuat kerajinan-kerajinan seperti itu.Meski keuntungan tidak seberapa, tetapi jika memiliki ketekunan dalam merangkaikan akan menjadi sebuah kebiasaan.
Pak hasan yang asli madura awalnya berdagang batik asli madura, dan beralih menjadi produsen manik-manik itu setelah beliau menikah dengan bu Hasan yang asli Malang dan mempunyai satu anak yang sekarang sudah semester akhir di sebuah Universitas Negeri di Malang ini juga mempunyai sampingan menjadi pengrajin yang mempekerjakan orang-orang di sana.
Ibu Hasan memasarkan kerajinannya tidak hanya di dalam pulau jawa tetapi sudah merambah di luar pulau, yang memasarkan di luar pulau bukan ibu sendiri tetapi di kirim ke Jakarta dulu lalu bar di kirim ke luar pulau. Begitupun juga di dalam pulau, di kirim untuk sampai ke tujuan. Ada dua macam kerajinan yaitu yang murah dengan yang mahal. Kalau yang murah dalam satu gros itu hanya di hargai dengan Rp.6000 ,sedangkan satu gros itu  berjumlah 114 buah. Dan kalu yang mahal bisa sampai Rp 20.000 per biji. Ibu Hasan menjual juga untuk artis-artis, misalnya casandra yang memakai kerajinan yang diproduksi oleh ibu hasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar