Rabu, 14 Mei 2014

Bawang Merah Thailand Menjadi Unggulan

Oleh : Fara Diba (10.1.01.07.0064)


Nganjuk - Hasil tanam bawang merah telah mampu membawa berkah bagi masyarakat Nganjuk, khususnya di kecamatan Rejoso. Salah satu warga bernama Pardi (51) dan Wartini (45) saat diwawancarai kemarin (10/05), sepasang suami istri ini mengungkapkan telah merasakan hasil jerih payah keuntungan tanam bawang merah. Penanaman yang dilakukan di desa Setren banyak memberi pengaruh terhadap warga setempat. Mayoritas warga bekerja sebagai petani bawang merah.
Kota sentral penghasil bawang merah terbesar ini menghasilkan bawang merah jenis Thailand yang merupakan hasil tanam unggul dibandingkan jenis Bauci. Keunggulan bawang merah jenis Thailand dianggap lebih menguntungkan dan mudah ditanam. Selain itu, tidak mudah busuk dan lebih tahan lama juga ukurannya yang lebih besar serta rasanya ketika dimasak lebih sedap. Lain dengan bawang merah jenis Bauci, selain penanamannya sulit, ukurannya juga kecil-kecil dan kurang mantap saat dimasak.
Saat melintasi jalan, banyak terlihat bawang merah dijemur di depan rumah untuk mengeringkan daun bawangnya. Bahkan ada yang menyimpannya dengan menggantungnya di bawah atap rumah. Hal ini dilakukan selama kurang lebih sembilan bulan yang difungsikan sebagai cikal bakal bibit tanam bawang merah. Pardi juga menjelaskan bahwa selama dibiarkan berbulan-bulan membutuhkan semacam bubuk pengawet. “kalo mau tahan lama ya harus pakek bubuk pengawet mbak. Bubuknya dari bahan micin sama kalsium”.
Dari hasil penjualan bawang merah inilah Pardi dan Wartini dapt membeli satu buah motor Honda Beat serta membangun rumah. Warga Rejoso berpondasi pada sebuah prinsip yang kuat, bahwa untuk bekerja mencari nafkah halal yang penting harus tatak (lapang) meskipun harus jual sapi untuk mencari modal.
Pada dasarnya setiap tumbuhan atau bawang merah dapat tumbuh dengan baik jika musim atau cuaca mendukung. Sehingga, hasil yang dicapai sesuai harapan. Lebih dari itu, tidak hanya sekedar cuaca yang mendukung. Tapi, ilmu menanam padi juga sangat diperlukan. Hal ini, untuk menghindari terjadinya kecerobohan saat menanam bibit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar