Senin, 19 Mei 2014

MAHASISWA KKN DI PERKENALKAN DENGAN SEBUAH PRASASTI DI DS. BANGGLE,LENGKONG

Oleh : Fu'atul munawaroh
10.1.01.07.0073
Anak – anak KKN setelah program individu maupun kelompoknya selesai oleh pak kepala dusun yaitu Anom Suroto diajak untuk melihat barang bersejarah di sekitar desa banggle,,yaitu prasasti ada 2,punden dan batu unik(marmer).
Ada sebuah prasasti di desa banggle yang cukup terkenal di sekitar desa banggle. Prasasti tersebut mempunyai banyak kepercayaan yaitu apabila kita hendak berkunjung di prasasti tersebut kita tidak boleh ramai atau pun bergurau saat jalan menuju prasasti tersebut,hal ini di tuturkan oleh pak kepala dusun desa banggle yaitu pak Anom Suroto.Pada zaman dulu prasasti tersebut ditunggu atau yang di namakan juru kunci prasasti itu bernama mbah saman,dan beliau sekarang sudah wafat.
            Kata pak Anom Suroto selaku kepala dusun desa banggle berkata setelah mbah saman wafat prasasti tersebut tidak ada yang merawat ataupun melestarikannya,oleh karena itu warga sekitar desa banggle ber mufakat untuk memindak prasasti tersebut ke musium di daerah nganjuk,tetapi warga desa banggle tidak ada satu orang pun yang bisa menggangkat atau memindah prasasti tersebut. Sehingga sampai saat ini warga desa banggle lah yang merawat dan melestarikan barang bersejarah tersebut dengan hati – hati.Prasasti ini terletak di pertengahan hutan jati disebelah barat desa banggle.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar