Senin, 12 Mei 2014

BERSIH DESA DI 3 DUSUN YANG BERBEDA






OLEH : DWI FINDI F. / 4B


Acara Nyadranan untuk memperingati bersih desa sampai saat ini masih dilaksanakan di desa Ketawang, salah satunya dengan acara Pengajian, Tayuban dan Wayang kulit. Kegiatan bersih Desa pada umumnya dilaksanakan satu kali pada setiap desa, namun tidak demikian dengan Desa Ketawang Kecamatan Gondang  yang mengadakan bersih desa di setiap dusunnya.
            Dusun Nglumbu yang terletak bersebelahan dengan Dusun Ketawang yang memiliki 1 jalan dengan Dusun Nglumbu ini menyelenggarakan bersih desa dengan acara pengajian secara bersamaan, hal ini dikarenakan masyarakat percaya bahwa dayang yang menghuni makam yang terletak di Dusun Nglumbu adalah seorang wanita, sehingga dari dulu hingga sekarang Dusun Nglumbu tidak pernah mengadakan Tayuban yang tidak disukai oleh dayang Dusun Nglumbu. Berbeda dengan Dusun Ketawang.
            Dusun Ketawang yang menjadi pusat dari Desa Ketawang ini selalu mengadakan Tayuban pada setiap acara bersih desa ini. Masyarakat setempat mempercayai bahwa dayang yang menghuni atau menempati makam Dusun Ketawang adalah laki-laki yang sangat menyukai Tayub. Kedua Dusun itu juga Hampir berbeda dengan proses Nyadranan di Dusun Kedung celeng.
            Dusun Kedung celeng yang memiliki dua Dayang seperti yang dipercayai oleh masyarakat setempatini mengadakan bersih desa lebih meriah dengan cara menyelenggarakan pagelaran wayang kulit dan terkadang dengan acara tayuban. Disamping itu Dusun kedung celeng masih memegang teguh dalam acara Bersih desa masyarakat Dusun Kedung Celeng tidak boleh mencicipi makanan yang memang dibuat untuk acara bersih desa. Meski acara bersih desa dari ketiga Dusun ini berbeda namun dalam waktu pelaksanaannya ketiga Dusun ini tidak jauh berbeda yakni 1 tahun sekali setelah musim panen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar