Rabu, 14 Mei 2014

LANJUT USIA TETAP SEMANGAT

Oleh : Hani Ammaria
NPM : 10.1.01.07.0074


Nganjuk- Pendopo balai desa Klagen, Rejoso mulai dipenuhi banyak ibu-ibu. Satu persatu mereka semua berdatangan. Kegiatan usaha kreatif mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini melibatkan ibu-ibu PKK di desa tersebut.  Antusias warga desa yang begitu menggebu membuat para mahasiswa merasa senang dan semangat.
Pagi (5/5) adalah hari pertama untuk ibu-ibu belajar membuat kreasi bros cantik dari kain perca, bunga lidi, dan membuat ketupat Sulawesi. Keesokan harinya Selasa (6/5) kegiatan tersebut masih berlanjut, namun kegiatannya adalah menghias toples dengan mengunakan kain flannel, membuat pigora berbahan dasar stik ice cream.
 “Saya sangat senang mbak, karena banyak mendapatkan ilmu baru”, ujar bu Harti (66). Meskipun usianya sudah lanjut, tetapi semanggatanya sangat luar biasa. Ibu yang pekerjaan sehari-harinya adalah seorang pedagang baju keliling itu sampai libur tidak berdagang hanya karena ingin mengikuti prlatihan dari mahasiswa KKN di desa Klagen Rejoso Nganjuk. 

Beragai bentuk bros-bros cantik itu pun tercipta dari tangan rentanya. Kreasi yang telah beliau buat sangat menarik mata untuk memilikinya. “Trimakasih mbak, untuk pelatihannya nanti saya bisa megembangkannya di rumah, dan nanti juga bisa saya promosikan kepada para langganan baju saya, jadi nanti bisa dobel hasilnya,” tambah bu Harti.
            Keramaian itu masih berlanjut sampai pada hari kedua. Semangat dan antusias warga masih mengebu. Namun sayangnya pada hari kedua hasil yang diperoleh kurang maksimal, karena ada warga desa yang meninggal dunia. Sehingga waktu pelatihan lebih cepat selesai. “Sebenarnya saya masih ingin belajar lagi mbak, tapi karena keadaan yang kurang bersahabat besok saja dilanjutkan lagi,” ujar Ida (44).  
Pelatihan pada hari kedua selesai lebih awal dari waktu yang disepakati. Karenanya para peserta merasa kurang maksimal dalam belajar berkreasi menghias toples. Untuk mengobati rasa kecewa ibu-ibu warga desa, mahasiswa KKN mempersilakan bagi ibu-ibu untuk datang ke posko mahasiswa KKN tinggal. Untuk bertanya dan untuk belajar berkreasi lebih kreatif dalam memanfaatkan bahan-bahan yang  sudah tak digunakan lagi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar