Kamis, 15 Mei 2014

POTRET PENDIDIKAN DI DESA NGLINGGO GONDANG NGANJUK

Oleh : Friska Renytasari (10.1.01.07.0072)
Kediri (16/05)-Pendidikan  merupakan hak seluruh warga Indonesis tak terkecuali satu pun. Seluruh generasi muda harus dapat mengenyam  pendidikan semaksimal mungkin agar kelak dapat ikut serta membangun bangsa Indonesia Di salah satu kecamatan Gondang, terdapat desa yang dikenal dengan nama desa nglinggo. Nglinggo adalah salah satu desa penghasil bawang merah terbesar di kabupaten Nganjuk.

Anak-anak di daerah Nglinggo sebagian besar  mengenyam pendidikan di SD N Nglinggo I, bila dilihat sekilas sekolah dasar yang terletak di barat jalan  ini gedungnya baik dan layak. Namun, lapangan sekolah yang selalu dijadikan tempat upacara bendera hari senin dan pelajaran olah raga keadaanya sangat mengkwatirkan, banyanya bebatuan disana-sini yang menyebabkan tanahnya tidak rata dan kurangnya tumbuhan hingga mnyebabkan lapangan tersebut terlihat sangat gersang dan panas.








Fasilitas sekolah  lainnya pun bisa juga dibilang kurang lengkap, misalnya seperti perpustakaan yang  ruangannya jadi satu dengan ruang guru, sehingga siswa-siswi kurang leluasa untuk menikmati fasilitas pokok sebuah sekolahan. Buku yang tersedia jumlahnya juga terbatas dan tidak akan bisa membantu banyak siswa dalam belajar, karena jumlah siswa dan jumlah buku yang tersedia tidak seimbang.
Meskipun dengan keadaan yang dapat dikatakan kurang, seluruh siswa-siswa SD N Nglinggo I tetap semangat dalam menimba ilmu, hal tersebut terlihat jelas ketika upacara peringatan Hari Pendidikan. Di bawah panas terik matahari di tambah lagi kondisi cuaca daerah  Nglinggo yang sangat panas siswa-siswi tetap kidmat selama upacara belangsung. Tidak ada satu pun keluhan yang keluar dari tuturan calon penerus bangsa tersebut.
Harusnya seluruh generasi muda bangsa,mau mengambil sedikit contoh sikap dan semangat dari anak-anak yang berada di daerah pelosok sekitarnya. Sikap tetap semangat menimba ilmu dalam keadaan kekurangan, tidak hanya mengeluh dan terus menuntut yang lebih saja.


1 komentar:

  1. itu sekolahan saya mbak, sekolan desanya kondisi lingkungannya semuanya penuh kenangan.....masa kecilku sampai dewasa...., Alhamdulillah saya bersyukur dan sangat bangga jadi anak Nglinggo dan alumnus SDN nglinggo I

    Saktiono Haryadi

    BalasHapus