Senin, 12 Mei 2014

Mendapat Julukan Pasar Pon






Oleh : Ima Nurfaningsih
Jum’at (9/5) pasar merupakan tempat bertemunya orang melakukan transaksi jual beli. Pasar Gondang berbeda dengan pasar pada umumnya, pasar gondang akan tampak ramai hanya pada Pon meskipun setiap hari tetap ada pembeli dan penjual. Hal ini disinyalir karena pasar Gondang mendapat julukan pasar Pon sehingga tampak ramai oleh penjual dan pembeli hanya pada hari tertentu. Pasar Gondang yang terletak di Kecamatan Gondang-Kabupaten Nganjuk menjadi salah satu sumber mata pencaharian warga yang tinggal disekitar pasar Gondang.
            Pasar Gondang termasuk salah satu pasar yang cukup luas dan bersih. Ibu Rin salah satu penjual pakaian di pasar Gondang mengatakan bahwa pasar gondang akan ramai oleh penjual dan pembeli hanya pada Pon. “Setiap hari tetap ada penjual tetapi tidak sebanyak pada hari Pon,” tutur Ibu Rin.
            Pasar Pon atau pasar Gondang merupakan satu-satunya pasar yang ada di Kecamatan Gondang, sehingga tidak heran jika pada Pon ada bermacam-macam penjual. “Kalau pada Pon ada banyak penjual mulai dari penjual pakaian, kebutuhan sehari-hari, jajanan tradisional, dan penjual gerabah,” ujar perempuan dari Desa Sambong tersebut.
            “Setiap hari Saya berjualan berpindah-pindah, terkadang di sini (pasar Gondang) dan terkadang di pasar Lengkong. Kalau hanya berjualan di pasar Gondang, Saya kurang telaten karena disini sepi. Kebanyakan penjual di sini memang berpindah-pindah jika berjualan,” tegas perempuan berkerudung itu.
            Kebersihan merupakan salah satu penunjang kenyamanan pembeli dan penjual melakukan aktivitas, kendati demikian keamanan juga salah satu faktor kenyamanan yang paling penting. Akan tetapi di pasar Gondang tampak tidak ada tempat khusus untuk parkir, hal ini juga di ungkapkan oleh Ibu Rin. “Di pasar Gondang tidak ada tempat khusus untuk parkir, biasanya kendaraan-kendaraan penjual maupun pembeli di parkir di pinggiran pasar,” tutur Ibu Rin yang setiap hari berprofesi sebagai penjual pakaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar