Minggu, 11 Mei 2014

JALAN RUSAK PARAH, PEMERINTAH TIDAK SEGERA TURUN TANGAN



 oleh : heri marta krisdianto
 
            Nganjuk – Tidak ada yang menyangkal kondisi infrastruktur di berbagai daerah masih buruk, banyak jalan rusak dimana-mana hal tersebut bisa karena kualitasnya memang jelek bisa juga karena jalan tersebut belum disentuh kepala daerahnya. seperti halnya di desa Bendo asri kecamatan Rejoso kabupaten Nganjuk jawa timur, merupakan daerah yang sangat pelosok jauh dari keramaian hiruk pikuk kota dan jauh dari jalan raya. Untuk sampai di sana membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dari pusat kota Nganjuk, ini dikarenakan akses jalan menuju desa bendo asri sangat sulit dan rusak parah. Jarak tempuh yang harusnya dapat ditempuh dalam waktu 1 jam bisa menjadi 2 kali lipatnya karena jalan yang rusak parah.
            Melihat keadaan yang demikian parahnya, pemerintah seolah tutup mata dan tutup telinga. Tidak adanya tindak lanjut dari pemerintah untuk desa tertinggal tersebut, sangat berpengaruh besar terhadap banyak hal, salah satunya di pendidikan. Untuk sekolah dasar hanya terdapat satu, sedangkan untuk melanjutkan kejenjang berikutnya yaitu sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA)   mereka harus turun ke bawah dengan jarak tempuh kurang lebih 20 km ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam dikarenakan jalan yang rusak dan tanjakan naik turun. Selain itu tidak adanya sarana transportasi umum, mengharuskan mereka untuk mengendarai motor sendiri setiap hari pulang dan pergi padahal mereka belum cukup umur untuk mengendarai motor sendiri, dengan berbagai kemungkinan yang kita tidak tahu. Ini sungguh sesuatu yang sangat memprihatinkan dan sangat membutuhkan perhatian lebih dari pihak-pihak terkait.
            “Saya setiap hari harus naik turun untuk menjual barang dagangan bahan pokok ini, ya kalau di bilang capek ya pasti capek, di bilang jenuh ya jenuh, tapi mau gimana lagi semua demi anak dan istri sebagai kewajiban saya dan itu sudah menjadi kebiasaan saya tiap hari jadi sudah biasa dengan keadaan jalan yang rusak dan jauh seperti ini” begitulah penuturan Kasdi 40 th warga desa Tritik kecamatan Rejoso kabupaten Nganjuk yang berprofesi sebagai penjual sayuran keliling.

1 komentar:

  1. Pejabatnya nganjuk pada memperkaya diri sendiri...bupati nganjuk kena KPK tuh..alhamdulilah

    BalasHapus