Minggu, 11 Mei 2014

NASIB ORANG GILA



NASIB ORANG GILA



OLEH : IID HUMAYDAH (10.1.01.07.0080)
 

Mbok Suyatemi, warga desa Mlorah kecamatan Rejoso-Nganjuk, Jawa Timur, hidup dalam ruang berukuran 10x10 meter selama bertahun-tahun karena menderita gangguan jiwa. Ruangan tersebut sangat pengap karena tidak adanya ventilasi udara sama sekali. Bahkan jika malam hari ruangan tersebut sangat gelap karena tidak ada pencahayaan lampu.
Menurut Wakimin, salah satu keluarga korban, “Mbok Suyatemi akan mengamuk kalau ruangannya dikasih lampu, jangankan mau ngasih lampu, lhawong kalau ada orang masuk saja dia sudah ngamuk-ngamuk, jadi sampai sekarang kita tidak tahu keadaannya seperti apa”.

Pihak keluarga terpaksa melakukan hal itu karena yang bersangkutan kerap mengamuk dan mengganggu warga sekitar. Nenek berusia 75 tahun itu mengalami gangguan jiwa lantaran tak mampu menanggung beban akibat himpitan ekonomi.

Wakimin menyatakan keluarga terpaksa mengurung lantaran sudah tidak mampu lagi memberikan pengobatan akibat tidak memiliki biaya. Apalagi, meski tergolong dari keluarga tidak mampu, keluarga Suyatemi tidak mendapatkan kartu jaminan kesehatan masyarakat miskin yang seharusnya diterima.
  
Pihak desa Mlorah berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Nganjuk melalui dinas terkait memberikan perhatian khusus membantu pengobatan lima warganya yang hidup dalam kurungan agar bisa kembali normal seperti sediakala.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar